Monkey Forest, Cagar Alam Terindah yang Ada di Bali

Diposting pada

Saat menyebut objek wisata monkey forest, saya yakin sebagian besar dari anda akan berfikir tentang Ubud. Ini tidak salah, karena saking terkenalnya objek wisata monkey forest Ubud. Namun objek wisata monkey forest di pulau Bali tidak hanya ada di Ubud, di kabupaten Badung juga terdapat taman wisata alam monkey forest. Namanya Sangeh Bali monkey forest.

monkey forest sangeh bali

Salah satu objek wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi dan sambil mengenal lingkungan alam sekitar adalah obyek wisata Sangeh. Obyek wisata Sangeh, merupakan kawasan hutan lindung yang didominasi pohon pala. Selain itu, anda juga dapat melihat ratusan monyet di taman wisata alam Sangeh.

Obyek wisata Sangeh berlokasi di Jalan Brahmana, desa Sangeh, kecamatan Abiansemal, wilayah Kabupaten Badung. Jika anda berangkat dari objek wisata Seminyak, untuk menuju lokasi taman wisata alam Sangeh akan menempuh waktu sekitar 1 jam 15 menit. Apabila anda berangkat dari objek wisata Ubud, jaraknya lebih pendek yaitu sekitar 18 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh 40 menit. Salah satu keunikan yang ada di obyek wisata Sangeh adalah, anda akan melihat pohon pala besar yang batangnya menyerupai bentuk kelamin pria dan wanita. Sehingga pohon pala ini dinamakan pohon Lanang Wadon, yang artinya pohon yang melambangkan pria dan wanita.

Tepat di tengah-tengah hutan. anda akan melihat dua buah Pura. Pura yang lebih kecil namanya pura Melanting dan pura yang lebih luas namanya pura Bukit Sari. Para penduduk setempat, sangat menyakralkan keberadaan dari Pura tersebut, begitu pula dengan monyet monyet yang ada disekitar obyek wisata Sangeh. Hal ini sangat berhubungan erat dengan cerita dari keberadaan Sangeh itu sendiri, yang diyakini merupakan Duwe (milik) dari para Dewa Pura Bukit Sari.

Jika anda liburan ke taman wisata alam Sangeh, maka anda di wajibkan untuk membayar tiket masuk. Pemasukan dari tiket masuk di alokasikan untuk pemeliharaan satwa monyet dan pemeliharaan kebersihan disekitar kawasan hutan lindung Sangeh. Lalu berapa harga tiket masuk Sangeh Bali?
Harga Tiket Asing Harga Tiket Domestik Rp 20.000 / Orang Rp 10.000 / Orang Rp 5.000 / Mobil Rp 2.000 / Motor. Saat ini penataan obyek wisata Sangeh sudah sangat bagus, dengan areal parkir yang luas. Pada areal depan dari obyek wisata Sangeh, anda akan melihat patung raksasa Rahwana yang sedang diserang oleh puluhan monyet. Desain patung raksasa Rahwana diambil dari kisah Ramayana yang sangat terkenal bagi masyarakat Bali pada khususnya.

Disebelah kanan dan kiri patung Rahwana, anda akan melihat patung singa bersama dengan monyet kecil. Patung singa mengisahkan tentang raja hutan yang menyayangi seekor bayi monyet. Setelah anda tiba di tengah-tengah dari kawasan taman wisata alam Sangeh, anda akan melihat beberapa pohon pala yang menjulang tinggi dan dibeberapa dahan dari pohon pala, akan terlihat segerombolan monyet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *