Bantuan Ibu Hamil Dan Balita 2021

Bantuan Ibu Hamil Dan Balita 2021

ilmumu.com- Bantuan Sosial (Bansos) dalam Program Keluarga Harapan (PKH), yang di salurkan oleh kementrian Sosial (Kemensos) pada 4 Januari 2021.

Lima kalangan yang akan menjadi sasaran penerima bantuan tersebut, dua di antaranya adalah Ibu hamil Dan Balita atau anak di usia dini.

Ada sejumlah hal yang di harapkan oleh pemerintah dalam penyaluran bantuan ini. Direktur Jaminan Sosial, Rahmat Kusnadi mengatakan ‘untuk pencegahan stunting dan peningkatan gizi balita/anak’.

Bantuan Ibu Hamil Dan Balita 2021

Bantuan yang di salurkan melalui program PKH ini, Jumlah uang yang akan di terima oleh Ibu Hamil Dan Balita sebesar 3 Jt rupiah dalam satu tahun.

Jumlah tersebut akan di terima dengan 4 tahap, yaitu bulan Januari, April, Juli dan Oktober 2021. Dengan artian, 3 juta di bagi 4 alhasil setiap bulan tertentu penerima hanya mendapat 750.000 rupiah.

Bank yang tercakup sebagai penyalur bantuan ini adalah Himbara (Himpunan Bank Negara) diantaranya, BRI, MANDIRI, BNI dan BTN.

Kebijikan PKH tahun 2021 ini menyebutkan, Ibu hamil yang boleh mendapat penerima bantuan dengan syarat hamil yang kedua kalinya, atau memiliki balita/anak usia dini maksimal 2 oang.

Sedangkan kebijakan lain pada anak usia dini, PKH juga membatasi pada anak yang usia 0-6. anak yang menerima bantuan akan di hitung mulai dari usia ahir ulang tahun anak tersebut.

Baca Juga : Signal Private Messenger, Perbedaan Whatsapp vs Telegram vs Signal

Apa bila dalam satu keluarga terdapat Ibu hamil dan anak usia dini seperti yang di tetapkan di atas, maka wajib mendapat bantuan sosial dalam program PKH ini.

Syarat untuk penerima bantuan pada Ibu Hamil Dan Balita yang belum sekolah, Agar memeriksa kesehatan pada posyandu dan puskesmas sesuai dengan protokol kesehatan yang di tentukan.

3 Kalangan lain Yang Berhak Menerima Bantuan PKH

Selain Ibu Hamil dan Balita, ada 3 kalangan lain yang harus mendapat menerima Bantuan Sosial (Bansos) dalam Program PKH tahun 2021.

Ketiga kalangan ini diantaranya, Penyandang Disabilititas berat, Orang berusian lanjut (lansia) dan anak sekolah.

Baca Juga : Tutorial Menggunakan Pix2mix Bot Telegram Pengubah Wajah

Kementrian Sosial mengatakan PKH telah membagikan kepada 10 juta KPM (keluarga penerima manfaat), dana yang di salurkan pada bulan januari dengan anggaran sebesar 7,17 triliun.

Adapun untuk penerimaan bantuan yang di terima oleh lansia pada usia 70 tahun ke atas dan penyandang disabilitas, dengan jumlah uang 2,4 juta rupiah dalam 1 tahun.

Sementara bantuan untuk anak sekolah akan di bedakan sesuai tingkatan.
SD/MI> 900 ribu dalam satu tahun
SMP/MTS> 1,5 Juta rupiah dalam 1 tahun dan
SMA/MA> 2 Juta rupiah sama dalam 1 tahun.

Ahir Kata

Itulah informasi syarat dan ketentuan yang akan mendapat bantuan bansos melalu program PKH di tahun 2021, yang di salurkan oleh Kemensos. Sekian dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//ugroocuw.net/4/4050339